10 Hal yang Dapat Dilakukan di Raja Ampat Selain Menyelam

Raja Ampat, sebuah wilayah di bagian timur Indonesia, memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan menarik bagi wisatawan. Banyak orang datang ke sini untuk menyelam atau snorkeling, selain menikmati pemandangan bawah laut.

Faktanya, “Majalah Selam” terkenal memberikan DIVE Travel Awards 2017 kepada Indonesia sebagai situs menyelam dan papan live terbaik di dunia. Selain itu, Pulau Raja Ampat memiliki dua tempat dive site terbaik dalam kategori Best Dive Center or Resort. Misool Eco Resort dan Papua Paradise Eco Resort memenangkan tempat tersebut.

Semua orang ingin menyelam di Raja Ampat, tetapi ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan di sana selain menyelam. Banyak hal menarik di Raja Ampat selain pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik lain yang dapat Anda lakukan di Raja Ampat, dalam artikel ini Liveaboard Raja Ampat dan Liveaboard Komodo akan membahas 10 Hal yang Dapat Dilakukan di Raja Ampat Selain Menyelam.

1. Menikmati Pemandangan Indah

Pemandangan di bawah laut Raja Ampat lebih menakjubkan daripada yang di permukaannya. Ada lautan yang berkilauan, pulau-pulau kecil yang tersebar, pepohonan tropis yang rimbun, dan laguna yang tersembunyi. Raja Ampat terlihat seperti surga dunia dari jauh. Tempat terbaik untuk melihat pemandangan Raja Ampat adalah Pianemo dan Wayag. Di sana, Anda dapat melihat lautan biru jernih dengan pulau-pulau kecil yang indah.

2. Mendaki atau Hiking

Pemandangan Raja Ampat yang indah memberi Anda kesempatan untuk mendaki atau hiking selain jalan-jalan. Ada banyak bukit dan lokasi hutan untuk dikunjungi. Raja Ampat juga memiliki banyak hewan liar, seperti burung dan reptil. Ketika Anda mendaki, Anda harus bersiap untuk melihat banyak hewan eksotik.

3. Menyaksikan Burung

Mengamati burung adalah langkah selanjutnya. Seperti yang Anda ketahui, Raja Ampat juga memiliki banyak spesies endemik dan eksotik. Salah satu hewan endemik tersebut adalah Cendrawasih juga dikenal sebagai Burung Cendrawasih karena warnanya yang indah dan cerah. Tempat terbaik untuk melihat burung di Raja Ampat adalah Waigeo, Gam, Kri, Mansuar, dan Urai. Ini karena Raja Ampat sebagian besar adalah habitat burung. Burung-burung eksotik tidak akan sulit ditemukan di kelima tempat tersebut.

4. Kuliner Makan Lokal

Sebagai negara kepulauan, Raja Ampat selalu terkenal dengan seafood segar. Jika Anda suka petualangan, Anda bisa mencoba Papeda, bubur tepung sagu yang disajikan dengan kuah ikan kuning gurih dan pedas, yang menjadi menu favorit masyarakat setempat. Faktanya, ikan bakar yang biasa Anda santap bisa sangat berbeda rasanya karena berbagai bahan pedas yang digunakan dalam resep lokal.

5. Berkunjung ke Pulau Kecil

Sejauh yang saya ketahui, ada lebih dari 1.500 pulau kecil di Kepulauan Raja Ampat. Anda dapat menyewa perahu atau mengikuti tur perahu untuk mengunjungi pulau-pulau kecil tersebut jika Anda bepergian bersama rombongan. Tidak ada cara untuk mengunjungi semua pulau. Selain itu, Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi pesisir pantai atau bersantai di atas perahu. Anda bahkan bisa tidur malam sambil berbaring di atas perahu dan melihat bintang di tengah laut.

6. Berenang dan Snorkeling

Menikmati keanekaragaman hayati Raja Ampat dapat dilakukan dengan cara lain selain menyelam. Lihatlah pemandangan bawah laut Raja Ampat yang indah dari setiap kedalaman lautnya. Bagi mereka yang tidak bisa menyelam, berenang dan snorkeling adalah pilihan yang bagus. Pemandangan bawah laut Raja Ampat yang menakjubkan ada di mana-mana, bahkan di laut dangkal. Di antaranya adalah karang yang indah yang bersatu dengan hewan laut seperti penyu, pari manta, dan ikan-ikan eksotik lainnya.

7. Mengunjungi Pedesaan dan Menyaksikan Kebudayaan

Kepulauan Raja Ampat adalah lebih dari sekadar pemandangan laut yang indah. Masyarakat Raja Ampat kaya dan budayanya beragam dan mempesona. Di lokasi ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi desa-desa untuk melihat budaya asli, bahasa, adat istiadat, kerajinan tangan, dan banyak lagi. Jangan lupa untuk menyapa penduduk lokal Anda.

8. Memanjakan Diri

Meskipun Raja Ampat dianggap primitif, masih ada banyak tempat mewah di sana, mulai dari restoran di tepi pantai hingga resor mewah dengan spa dan kursi santai yang bergaya di tepi kolam renang. Untuk bersenang-senang, cari tempat yang bagus. Suasana tenang, angin tropis, dan pemandangan pulau yang indah adalah segalanya.

9. Olahraga di air

Laut adalah tempat yang ideal untuk berolahraga di mana pun di kepulauan Raja Ampat. Anda dapat mendayung sendiri melintasi pulau-pulau kecil ini dan menikmati pesona iklim tropis tanpa khawatir dihantam ombak besar. Di sisi lain pulau, Anda juga dapat berselancar dan melakukan aktivitas watersport lainnya.

10. Belanja

Raja Ampat adalah tempat wisata yang luar biasa untuk pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu, Anda perlu membeli beberapa oleh-oleh untuk mengingatkan diri Anda tentang keindahan Raja Ampat di rumah Anda. Oleh-oleh khas Raja Ampat termasuk gantungan kunci, kain, alat musik tradisional, dan ukiran kayu.